Banjir Melanda Pekanbaru, SiMoBa Hadir Bantu Pengguna Jalan Hindari Genangan Air - PVTE UMRI



Pekanbaru, 1 Juli 2024 - Hujan deras yang mengguyur Kota Pekanbaru dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan genangan air di sejumlah ruas jalan. Ketinggian air yang tidak wajar membuat arus lalu lintas macet total, sehingga kendaraan roda dua dan roda empat kesulitan untuk melintas.


Memahami kondisi ini, Tim Sunburst dari Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menghadirkan solusi inovatif bernama SiMoBa. Aplikasi berbasis Android ini dirancang khusus untuk membantu masyarakat dan pengguna jalan terhindar dari genangan air di Pekanbaru.


SiMoBa bekerja dengan memberikan informasi dan peringatan dini secara real-time mengenai daerah rawan banjir di kota Pekanbaru. Pengguna dapat memantau situasi terkini melalui peta interaktif yang menunjukkan lokasi genangan air, ketinggian air, dan kondisi lalu lintas secara langsung.


"SiMoBa hadir sebagai solusi untuk membantu masyarakat dan pengguna jalan terhindar dari banjir di Pekanbaru," jelas Muhammad Raihan, Ketua Tim Sunburst. "Dengan informasi dan peringatan dini yang akurat, pengguna dapat mencari rute alternatif dan terhindar dari kemacetan yang diakibatkan oleh genangan air."


SiMoBa dikembangkan oleh Tim Sunburst yang terdiri dari Marrice Agnesiayu Br Siagian, Alman Mauluddin, dan Muhammad Raihan, di bawah bimbingan dosen Noverta Effendi, ST., M.Kom. Aplikasi ini merupakan salah satu program unggulan dari Divisi VI Kota Cerdas (Smart City) UMRI yang bertujuan untuk mewujudkan kota Pekanbaru yang lebih cerdas dan ramah lingkungan.


Load comments

0 Comments